Penggaris untuk Mengukur

Apa itu Penggaris?

Penggaris adalah alat untuk mengukur panjang sebuah benda. Penggaris juga bisa kita gunakan untuk membantu menggambar sebuah garis lurus.

Kita biasa menggunakan penggaris untuk mengukur panjang sebuah benda. Satuan pengukuran standar yang biasa digunakan ketika mengukur menggunakan penggaris ialah satuan inchi atau sentimeter (cm).

Kita bisa dengan mudah menemukan penggaris yang panjangnya mulai 10 cm hingga yang terpanjang mencapai 100 cm atau 1 meter.  Penggaris-penggaris itu biasanya terbuat dari bahan plastic, kayu, dan logam.

Satuan pengukuran standar adalah satuan pengukuran yang digunakan sehingga setiap orang memiliki skala yang sama ketika melakukan pengukuran.

Pada zaman dahulu, sebelum ditemukannya satuan standar ini, orang-orang menggunakan jari-jari mereka untuk melakukan pengukuran, sehingga muncul satuan seperti seperti jengkal dan kaki. Setelah ditemukannya satuan pengukuran standar, orang-orang sekarang memiliki pemahaman yang sama tentang banyak hal yang diukurnya.

Sebagai catatan, 1 inchi itu sama dengan 2,54 cm, sehingga 1 cm sama dengan  0,394 inchi.  Sementara 1 foot sama dengan 30,5 cm.

Advertisements

One thought on “Penggaris untuk Mengukur

  1. Pingback: Lima Sentimeter « Bundamahes's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s