Trik Cepat Menjumlahkan

Secara sederhana, menjumlahkan artinya menambahkan sebuah bilangan dengan bilangan lainnya. Dua atau lebih bilangan yang dijumlahkan dihubungkan dengan tanda “+” diantar bilangan-bilangan yang akan dijumlahkan itu. Misalnya kita akan mencari jumlah dari tujuh buah bilangan, 6, 8, 5, 4, 3, 2, dan 9. Secara umum  operasi penjumlahan ketujuh bilangan itu kita tulis: 6 + 8 + 5 + 4 + 3 + 2 + 9.

Pertanyaannya adalah berapa jumlah ketujuh bilangan itu?

Apakah jawabannya 37?

Tepat sekali! Walaupun itu adalah hitungan mudah jika dilakukan dengan prosedur biasa, ada sebuah trik mudah yang bisa dilakukan untuk mencari jawabannya dengan sedikit lebih cepat. Triknya adalah dengan mencari kombinasi bilangan 10. Bilangan 10 lebih mudah dijumlahkan dengan bilangan lainnya.

Kembali ke soal di atas. Untuk menjumlahkan ketujuh bilangan itu, langkah pertamanya adalah mencari dua atau tiga buah bilangan yang menghasilkan 10.

Begini trik itu dilakukan:

Sekarang, cobalah cari hasil penjumlahan dari bilangan berikut: 3 + 8 + 2 + 5 + 7 + 4 + 1 + 8 + 6 + 3 + 4 + 8 + 4, dengan menggunakan trik di atas. Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s