Mempersoalkan Kemiringan 7 Derajat di Gedung Nusantara 1 DPR RI

Beberapa jam lalu saya melihat berita di TV yang mengatakan bahwa DPR berencana membuat gedung baru karena gedung saat ini miring 7 derajat. Kemiringan ini terjadi diakibatkan oleh gempa yang terjadi 2 September 2009. Ini hal yang menarik karena walaupun terkesan kecil, angka 7 derajat sebetulnya besar jika dikaitkan dengan kemiringan gedung. PU sendiri membantah berita ini dan menyatakan bahwa gedung itu hanya perlu perbaikan. Di artikel ini saya akan memperlihatkan ilustrasi bagaimana sesungguhnya gedung dengan kemiringan 7 derajat berikut perhitungan sederhana menggunakan Trigonometri.

Gambar di atas memperlihatkan ilustrasi gedung dengan kemiringan 7 derajat. Dengan asumsi sederhana, titik tertinggi gedung akan bergeser 12,065m dari asal.

Dalam gambar di atas, saya melakukan beberapa editing dengan Photoshop dan memiringkan gedung sebesar 7 derajat. Saya bukan orang teknik tapi saya tidak yakin ada gedung yang akan bertahan dengan kemiringan seperti ini.

Sekedar perbandingan, di bawah adalah menara Pisa di italia yang hanya memiliki kemiringan 3,99 derajat.

menara miring pisa

menara miring pisa

Jadi, dasar apa yang menjadi klaim pihak DPR? Bisa jadi, ini adalah terjadi karena ketidaktahuan akibat kebodohan dan mudah-mudahan ini bukanlah sebuah kesengajaan sebagai bentuk kebohongan publik.

Advertisements

6 thoughts on “Mempersoalkan Kemiringan 7 Derajat di Gedung Nusantara 1 DPR RI

  1. daripada kas negara digunakan untuk pembangunan 1 gedung baru DPR,, mendingan buat membangun gedung sekolah yg sudah tidka layak lagi… bisa untuk beratus2 gdung sekolah baru,, daripada satu gedung DPR
    😛

    • Sebenarnya gada yg aneh dgn gedung itu, hanya saja itu memang gedung yg benar2 unik dan menakjubkan. Dan gedung itu benar2 miringnya, tidak seperti gedung DPR itu heheh…
      Dengan perhitungan yg matang dan cermat gedung itu sengaja dibuat miring sampai hampir 5 kali kemiringan menara pisa, dan tentunya perhitungan matematika dipakai untuk itu! Tentu lain halnya dgn gedung DPR yg katanya miring itu. Kalau asalnya tegak lantas jadi miring 7 derajat apa mungkin gedung itu masih layak untuk ditempati :)?
      Lagian untuk gedung di abu dhabi itu, baru miring sedikit demi sedikit setelah lantai ke-12. Saya pikir, apa mungkin gedung bisa berdiri kalau miring 18 derajat langsung dari dasarnya?
      Kita tunggu saja para enginer cerdas untuk membuatnya kelak :)!
      Btw, trima kasih atas kunjungan dan info gedung menakjubkannya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s