Buku “Fun Math with Children; Aktivitas Mengenalkan Matematika pada Anak Usia 2 – 6 Tahun”

Profil Buku

Judul Buku : Fun Math with Children
Penulis : Ani Ismayani
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Terbit : 4 Mei 2010
Jumlah Halaman : 179 halaman
Berat Buku : 225 gram
Dimensi : 140 mm X 210 mm
Harga : Rp. 39.800

Sinopsis

Fun Math with Children adalah ide sederhana yang coba penulis tawarkan untuk Anda, bagaimana mengenalkan matematika kepada anak khususnya yang berusia 2 sampai 6 tahun melalui beragam aktivitas keseharian anak-anak dan orang tuanya. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan anak Anda yang berumur kurang atau lebih dari itu menyukai dan bisa menikmati berbagai aktivitas yang disajikan.

Di dalamnya disajikan berbagai aktivitas sederhana yang dapat Anda lakukan bersama anak Anda di rumah atau di luar rumah. Aktivitas-aktivitas yang ditunjukkan sangat mudah untuk dilakukan, tidak memerlukan banyak bahan apalagi biaya yang mahal. Setiap aktivitasnya, akan dibagi juga dalam kategori usia. Kategori usia meliputi, prasekolah (2-3 tahun), TK (4-5 tahun), dan SD Kelas 1 (6 tahun). Namun, Anda tidak perlu terpaku pada pengelompokan usia tersebut, Anda bisa menyesuaikannya dengan keadaan dan kesiapan anak Anda tentunya.

Review

Anda memang tidak akan menemukan rumus-rumus atau hitungan-hitungan rumit di sana, yang ada hanyalah aktivitas-aktivitas ringan, tidak sulit, apalagi membebani. Semuanya adalah kesenangan-kesenangan yang bisa Anda nikmati bersama putra-putri Anda disamping memberi pengalaman-pengalaman bermakna dalam matematika untuk bekal memasuki dunia sekolahnya.

Aktivitas-aktivitas yang disajikan disana cukup sederhana dan mudah dilakukan, karena pada dasarnya sering dan biasa dilakukan oleh para orang tua dan anak-anak balitanya di rumah, namun jarang disadari oleh para orang tua. Seperti belajar bilangan dengan berhitung ketika mandi, mengenalkan geometri ketika memasak, atau mengenalkan konsep mengukur ketika bermain-main di taman.

Sebagian aktivitas-aktivitas itu, ada yang berdasarkan pengalaman yang pernah atau biasa saya lakukan dengan anak-anak saya, ada juga yang baru sebatas ide yang bisa dilakukan oleh siapapun bersama anak-anak nya.

Didalamnya, saya juga mencantumkan beberapa referensi tambahan berkaitan dengan pengenalan dan pembelajan matematika, yang tentunya akan sangat berguna bagi Anda para orang tua.

Jika Anda sudah mendapatkan dan membacanya, atau bahkan sudah mempraktekkan beragam ide yang ditawarkan di sana, jangan lupa sharing pengalamannya ya! Tuliskan semua kesan, pesan dan juga kritiknya.

Have a nice math with your child :)!

Catatan:

Buku ini bukan buku pelajaran matematika untuk anak apalagi dewasa layaknya buku pelajaran sekolah, tetapi bagaimana mengenalkan matematika kepada anak kecil melalui beragam aktivitas sehari-hari.

Advertisements

20 thoughts on “Buku “Fun Math with Children; Aktivitas Mengenalkan Matematika pada Anak Usia 2 – 6 Tahun”

  1. Bikin penasaran nih buku. Bukankah anak perlu dikenalkan matematika setelah logikanya jalan?Tapi di buku ini sudah berani menganjurkan di usia dini asal siap aja.Wah dahsyat donk…

  2. Kalo begitu, coba cari dan bacalah buku itu. setelah itu Anda bisa berbagi lagi apa yang Anda dapatkan dari buku itu ^_^.

    Bukankah anak perlu dikenalkan matematika setelah logikanya jalan

    Memang anak kecil (2-6 thn) logikanya belum jalan ya :)?
    Sepengetahuan saya, jelas anak kecil itu sudah berlogika, tapi ya sesuai dengan kadarnya sebagai anak kecil.

    …di buku ini sudah berani menganjurkan di usia dini asal siap aja

    Wah, sepertinya review saya di atas belum cukup menggambarkan buku itu ya ^_^ ? !

    Saya memang menjumpai banyak orang yang “beranggapan salah” dgn isi buku itu (karn orang2 itu hanya berkomentar sebelum tahu dan membaca isinya), seolah-olah itu adalah buku pintar bagaimana mengajarkan math pd anak kecil. Padahal sebenarnya tdk seperti itu.
    Seperti yg saya tulis di atas, buku itu bukan buku pelajaran math untuk balita layaknya pelajaran math di sekolah, tdk berisi hitungan-hitungan apalagi rumus-rumus math. Yang ada adalah beragam aktivitas keseharian anak dan orang tuanya, dan bagaimana orang tua sekreatif mungkin menyelipkan pengetahuan dlm rangka mengenalkan math pd mereka.

    So, jangan lupa beli dan baca bukunya ya :)!

    Trima kasih sudah berkunjung!

  3. Matematika itu ada di mana-mana, matematika itu dekat dengan kehidupan sehari-hari…hal ini yang akan jadi bekal buat anak bahwa matematika is FUN..saya sangat setuju dengan apa yang Ibu paparkan dalam isi buku..biar kelak bagi anak..matematika itu bukan hal yang menakutkan…salut bwt kerja kerasnya…:))

  4. Anak saya belum lahir, tapi saya ingin buru buru beli bukunya untuk belajar, siap siap kalo anak sudah cukup bisa diajak belajar matematika bersama… biar jadi generasi masa depan Indonesia yang lebih baik
    amiiin….

  5. bagi saya dan teman-teman saya mate matika sangat menyenangkan apa lagi kalau gurunya juga menyenangkan mate matika juga mmemotifasi kitauntuk menjadi orang yang sukses

  6. ternyata mate matika tidak begitu sangat susah karena gurunya tidak terlalu serius menerangkannya itulah yang membuat saya menyukai pelajaran ini terutama teman teman saya hehehehehehe

  7. liat sample nya aja aq udah tertarik bgt mo beli…
    moga ada rejeki buat belinya..plus bisa nemuin bukunya di sini..:)
    *di gramedia hrsnya ada kan ya?:p*

  8. Bismillah.. Bu Ani.. saya mau beli bukunya. Kebetulan si kecil udah seneng buka2 buku (padahal baru 15 bulan). Nemu buku ini. Pasti Keren kalo Bu Ani yang bikin.. hihi. Saya emang seneng matematika, tp kurang pandai menularkannya sama orang2 di sekitar saya. Semoga buku ini bisa membantu menginspirasi saya membina si kecil mulai ber-matematika ria.. Makasih yaa..

    Salam dari temen seperjuangan.. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s