Origami dan Matematika

Saya yakin Anda semua pasti sudah mengenal apa itu origami.

Menurut wikipedia, Origami berasal dari kata ori dan kami. “Ori” artinya melipat dan “kami” artinya kertas. Origami merupakan seni tradisional melipat kertas  masyarakat jepang. Dimulai pada abad ke-17 dan dipopulerkan pada pertengahan tahun 1900-an. Selanjutnya origami dikenal sebagai seni modern dalam melipat kertas, dan dikenal umum di seluruh penjuru dunia.

Sebenarnya ada banyak spekulasi mengenai sejarah asal mula origami ini. Hal ini bisa Anda baca di sini.

Tujuan umum origami adalah mengubah bentuk datar sehelai kertas menjadi sebuah bentuk 3-Dimensi melalui teknik-teknik melipat. Dalam origami, tentunya penggunaan lem atau gunting tidak diperbolehkan, sebab kalau demikian bentuk yang dihasilkan tidak lagi dianggap origami.

Dalam perkembangan selanjutnya lagi, seni melipat kertas atau origami ini rupanya sering pula berhubungan dengan matematika. Sehingga tidak heran, banyak juga diantara para pembuat origami (paperfolder) ini juga ada dari kalangan ilmuwan matematika.

Saya pribadi tidak bisa dan belum pernah belajar origami apalagi secara profesional mempelajarinya. Akan tetapi, saya sangat terkagum-kagum pada orang yang berdedikasi ketika memikirkan sesuatu hal yang sepertinya begitu sepele, yaitu bagaimana menemukan aksioma ataupun teorema-teorema matematis sehingga sebuah origami  bisa dihasilkan karenannya.

Untuk melihat bagaimana ilmuwan matematika mencurahkan perhatiannya terhadap origami ini, mungkin ini layak Anda simak:

Origami and geometric construction.

A mathematical theory of origami constructions and numbers.

Yang terakhir di atas merupakan sebuah ebook (format pdf) yang menjelaskan tentang teori matematika untuk sebuah konstruksi origami. Bagi mahasiswa pendidikan matematika yang perlu ide untuk bahan seminar matematika-nya, topik hubungan matematika dan origami ini  pasti menjadi ide menarik dan sepertinya menantang untuk dikaji. Saya jamin dosen pembimbingnya akan meng-acc tema ini menjadi bahan seminarnya ^_^.

Berikut ini adalah beberapa gambar origami yang berhasil saya kumpulkan. Sebagian besar Saya peroleh lewat google.

 

Bagaimana, menakjubkan bukan?
Semoga Anda terinspirasi!

Advertisements

6 thoughts on “Origami dan Matematika

  1. kalo masalah gaya nulis itu ga masalah. maksudnya, jika kita menulis dan tulisan itu bersumber (atau bahkan hanya terinspirasi) dari tulisan lain, sumber tulisan itu jangan lupa dituliskan oke ^_^!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s