Oleh-oleh dari Prof. Yohanes Surya

Memperkenalkan anak didik dari Papua

Akhirnya, nge-date pertama saya bersama Prof. Yohanes Surya bersama GIPIKA-nya terlaksana juga ^_^. Hari sabtu, tanggal 29 Januari kemarin Alhamdulillah Saya bisa datang untuk hadir pada acara seminar dengan pembicara utama Prof. Yohanes Surya dengan motode GASING dan GIPIKA-nya.

Seperti yang saya informasikan sebelumnya, bahwa seminar di Bandung ini merupakan satu dari rangkaian road show GIPIKA yang akan dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia. Ini merupakan yang pertama setelah peluncuran GIPIKA tanggal 11 Januari 2011 di Jakarta.

Acara tersebut rupanya dihadiri oleh pejabat propinsi (istri wagub Jawa Barat), dan terus terang sesi sambutannya yang menurut saya kepanjangan dan terkesan basa-basi membuat saya terkantuk-kantuk (maaf nih bu wagub, soalnya malamnya saya rada kurang tidur ^_^!)

Karena ngambil tempat duduk VIP, posisi saya lumayan strategis. Tapi karena, Saya ketemu dengan teman lama di semibar itu, saya menukar tempat duduk pindah satu baris ke belakang. Tidak apa-apa, ilmu tetap dapat, kangen-kangenan sama teman juga dapat ^_^!

Sesi pertama yang paling saya tunggu adalah sesi seminar langsung dari Prof. Yohanes Surya. Di sesi ini beliau memaparkan seperti apa itu metode GASING dalam pembelajaran matematika, sekaligus memberikan simulasi dan mempraktekkan sebagian teknik menghitung cepat dalam metode matematika GASING bersama-sama para peserta.

Yang saya tangkap dari pemaparan di seminar itu adalah bahwa pada intinya penguasaan yang kuat akan matematika adalah modal untuk juga bisa menguasai ilmu sains (ilmu-ilmu seperti fisika, kimia, dsb.). Sementara itu, penguasaan terhadap teknik berhitung atau aritmatika adalah kunci sukses untuk bisa belajar matematika lebih jauh. Oleh sebab itu, untuk level pendidikan dasar, dimulai dari Sekolah Dasar, penguasaan kemampuan berhitung itu harus dimantapkan. Dimantapkan melalui penanaman konsep, menghapal, dan latihan yang teratur dan terus menerus.

Di sini, Saya tidak akan menjelaskan teknik-teknik menghitug cepat metode GASING-nya Prof. Yohanes Surya, karena terus terang Saya belum cukup cakap menguasainya. Jika tertarik, Anda bisa melihat video simulasi dari Prof. Yohanes Surya di sini.  Mengenai GIPIKA, presentasi berikut ini mungkin menarik bagi Anda.

Senang sekali Saya bisa ikut hadir dan mengikuti seminar itu. Setidaknya mungkin bisa menambah semangat Saya untuk tidak menyerah ketika belajar dan mengajarkan matematika kepada siapa pun. Karena pada prinsipnya setiap orang itu punya kemampuan untuk bisa mempelajari matematika.  Anak-anak gunung suku pedalaman papua aja berani dan mampu mempelajari matematika dengan cepat, masa orang yang punya kemudahan untuk mengakses sumber dan tempat-tempat belajar tidak bisa??!

Berikut sedikit dokumentasi yang Saya abadikan.

Prof. Yohanes Surya sedang presentasi
Anak didik Profesor sedang beraksi ^_^
Salah satu buku dari Surya Institute yang Saya beli..
Pin GIPIKA
Advertisements

15 thoughts on “Oleh-oleh dari Prof. Yohanes Surya

  1. Jadikan matematika sebagai pengembangan diri yg berasaskan logika bermakna, Akal yg dpt mengembangkan ilmu pengetahuan yg dikemas dlm bentuk logika, sementara Rasa mampu sebagai komparatif yg dikemas dlm bentuk kebermaknaan. sehingga matematika tidak hanya mengembangkan ilmu secara analisis, kritis, dan matematis, tapi juga mampu memberikan kebermaknaan dalam membangun jati diri. artinya matematika stimulus kembangkan pengetahuan, Rasa dapat meningkatkan kebermaknaan dalam keyakinan dan keagamaan. Akal dan Rasa = Logika bermakna. semoga jadi wacana

  2. Pak Yohanes…saya ber minat ttg belajar matematika untuk ibu2…”gerakan ibu2 pandai matematika” bagaimana cara mendapatkannya….apa ada kursus untuk daerah bekasi. Mohon bantuannya
    Dan saya berminat ttg buku2 pak Yo tolong infonya bagaimana cara mendapatkannya. Trims

  3. prof Surya, saya ingin ikut kursus metode gasing sehingga saya bisa mengajari anak saya yang akan berusia 7 tahun bulan oktober nanti, tp saya bekerja. apakah ada kursus di Jakarta? Mohon informasi. Tk

  4. Saya banyak mendengar tentang keberhasilan anda mendidik anak mau belajar, dari sudikah kiranya anda dapat memberikan solusi buat saya.
    Dapatkah saya memintak teknik-teknik memotivasi anak, karena saya punya anak susah mengerti setiap materi yang diajarkan dan ditanya sudah mengerti, tetapi hasilnya lain. Bagaimana untuk memotivasi anak seperti anak saya ? Terima kasih.

  5. Pak Surya Prof, saya pingin belajar metode dari bapak. tapi bagaimana caranya. dan bagaimana cara mendapatkan buku2 metode belajar dan mengajar anak2 dengan baik

  6. selamat pagi prof. saya sebagai orang tua berkeinginan anak menjadi pintar dan cedas.
    Saya tertarik untuk mempelajari teknik-teknik berhitung untuk diajarkan kepada anak saya, tetapi bagaimana saya mendapatkan buku-buku GASING Prof. mohon penjelasan melalui email saya.
    saya sangat berharap sekali memiliki buku tersebut. terimakasih sebelumnya

  7. pak yohanes, sy guru d papua aku penasaran pengen memajukan anak2 papua untuk belajar seperti bapak tp pengalaman ku msh sedikit n perlu d tingkatkan lg. bs k bpk buka pelatihan d papua. tlg ya pak.

  8. Yohannes surya memang TOP, tetapi pada dasarnya anak-anak yang mau belajar yang paling penting, kalau diajar Yohannes surya sekalipun kalau anaknya gak mau belajar ya susah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s