Matematika dan Kalender Raksasa

Cover depan buku "Kalender Raksasa"

Berburu buku adalah salah satu kegemaran saya yang tidak bisa dihilangkan. Jika saya ke toko buku, susah rasanya menahan diri untuk tidak memiliki keinginan membeli buku. Apalagi jika ada bazar buku murah tapi bagus. Salah satu tempat favorit saya belanja buku (selain BBC di Palasari Bandung) adalah Gramedia Merdeka di Bandung.
Beruntung ketika saya ke sana beberapa hari lalu, saya mendapatkan buku bagus untuk dipakai anak saya, judulnya “Kalender Raksasa”. Dan yang lebih beruntung lagi adalah buku itu bisa dibeli dengan harga murah.

Halaman pertama memperlihatkan 4 jenis musim dan banyak bulan dalam setahun

Sesuai judulnya, buku itu adalah benar-benar kalender atau lebih tepatnya kalender sepanjang masa. Buku itu bagus untuk mengenalkan “tanggal, bulan, tahun”  untuk anak. Misalnya, dalam setahun ada berapa bulan, dalam satu bulan ada berapa hari, bulan apa saja yang jumlah harinya 30, dan sebagainya. Ternyata kedua anak saya sangat menyukai buku raksasa barunya itu.

Menghitung jumlah hari di setiap bulannya

Kalender itu memiliki 365 hari yang dibuat dalam bentuk jendela-jendela. Di masing-masing jendela itu ada pesan tulisan yang berbeda-beda untuk setiap jendela. Selain bisa digunakan untuk mengenalkan kalender berupa banyak hari, bulan, dan yang lainnya, kalender ini juga bisa digunakan untuk belajar berhitung.

Mengintip pesan rahasia di hari ulang tahun Abang

Yang saya lakukan misalnya, menghitung jumlah hari di setiap bulan, menjumlahkan hari dua bulan atau lebih, dan sebagainya. Tentu hal ini tidak perlu dilakukan jika anak sudah cukup besar dan sudah mengenal serta pandai berhitung seperti itu. Masalahnya anak saya baru berusia 3 dan 5 tahun, jadi hal ini cukup menyenangkan untuk dilakukan.

Menghitung jumlah hari di bulan Maret dan April

Di samping itu, yang tidak kalah menariknya adalah tampilan gambar-gambar menarik di setiap halamannya. Gambar-gambar ilustrasinya seolah menggambarkan berbagai cerita di dalamnya. Ada gambar-gambar binatang yang sedang bermain di musim dingin bersalju, ada gambar berbagai cerita fiksi anak-anak yang terkenal, dan gambar-gambar unik lainnya.

Bermain mencari gambar mainan di "Istana Mainan"

Oya, selain buku itu saya juga membeli satu buku lagi tentang matematika. Buku import berbahasa Inggris. Sepintas saya lihat buku itu juga sangat bagus. Mungkin lain kali saya akan membuat review-nya jika sudah membacanya. Bukunya tebal banget soalnya :)!

Advertisements

3 thoughts on “Matematika dan Kalender Raksasa

  1. salam kenal…
    wah, bagus sekali kalendernya… mohon maaf, apakah ada di toko2 buku macam Gramedia begitu? judulnya apa ya Pak/Bu…? saya ingin memiliki kalender yg seperti ini…

    terima kasih sebelumnya… 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s