Belajar Asyik dengan Monopoli Asyik

Siapa yang tak jenuh jika selalu berkutat dengan aktivitas rutin yang monoton dan membebani. Itu mungkin yang saya perhatikan pada kebanyakan anak sekolah sekarang. Betapa tidak, berangkat pagi, dan baru bisa pulang setelah sore hari memberikan sedikit peluang bagi mereka untuk memiliki aktivitas bermain atau aktivitas kreatif lainnya.

Tantangan berat bagi guru adalah bagaimana bisa menjadikan hari belajar anak-anak di sekolahnya menyenangkan, tanpa kehilangan makna pembelajarannya itu sendiri tentunya. Itulah yang ingin selalu saya upayakan sebagi guru. So, ceritanya hari ini adalah saya jadwalkan kelas IPA saya untuk bermain sambil belajar dalam rangka itu.

Terinspirasi dari seorang guru kreatif yang saya kenal (tepatnya di dunia maya ^_^), saya mengikuti jejaknya untuk menyusun permainan monopoli asyik versi saya sendiri.

Sesuai dugaan saya, anak-anak begitu menikmati hari ini. Sampai waktu yang ditetapkan selesai, mereka masih bermain seru hingga minta tambahan waktu. Andai setiap saat seperti itu, pasti jam pelajaran ini mengambil jam pelajaran lain terus ^_^

Oke, permainan dimulai dengan hompimpa!

Tertawa lepas tidak dilarang kok!

Konsentrasi menghitung biar ga kena denda.

 

Ayo, jawab pertanyaannya. Kalo benar dapat 250 poin lho!

Permainan selesai. Saatnya menghitung kekayaan. Punyaku berapa ya?

Oya, jika Anda para guru tertarik melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan ini, pastikan Anda meminta ijin kepada guru lain yang tidak begitu suka keributan. Soalnya, bisa dipastikan kelas Anda akan penuh dengan keriuhan suara anak-anak bahkan teriakan histeris ketika dia berhasil menjawab pertanyaan atau ketika tanah miliknya dimasuki lawan :).

 

Advertisements

One thought on “Belajar Asyik dengan Monopoli Asyik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s