Proyek Lapangan Matematika

Materi pertama yang saya bahas di kelas matematika adalah ‘Statistika’. Standar kompetensi untuk pokok bahasan ini adalah, ‘Menerapkan aturan konsep statistik dalam pemecahan masalah’, dengan cakupan materi mulai dari pengertian statistik, statistika, populasi dan sampel,  membuat tabel dan diagram dari sekumpulan data, sampai melalukan perhitungan dalam menentukan ukuran pemusatan data, dan penyebaran data.

Untuk sub kompetensi, ‘Membuat tabel dan diagram dari sekumpulan’ kali ini, saya memberikan sebuah proyek lapangan untuk anak murid saya. Kebetulan sekali, karena materi ini di bahas di saat kami menjalani puasa di bulan Ramadhan. Sementara proyek lapangannya dilaksanakan pada saat anak-anak libur menjelang lebaran. Mereka punya waktu kurang lebih satu minggu di waktu efektif sekolah (untuk mengumpulkan data yang berhubungan dengan siswa lainnya) dua minggu untuk menyelesaikan proyek lapangan di luar sekolah. Itu termasuk untuk penyusunan laporan dan bahan untuk dipresentasikan.

Tugas yang saya berikan adalah, anak-anak diminta mengumpulkan data sesuai dengan tema yang ditentukan untuk masing-masing kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 atau 6 orang anak, disesuaikan dengan jumlah keseluruhan siswa di kelas masing-masing. Data yang sudah dikumpulkan ini kemudian harus disusun dan sajikan dalam bentuk grafik atau diagram yang sesuai. Diagram harus dibuat secara manual dan computerize menggunakan aplikasi komputer yang sudah mereka kuasai. Dan terakhir, hasil observasi dan laporannya ini akan dipresentasikan di kelasnya masing-masing.

Adapun tema yang diberikan adalah:

  • Menghitung jumlah kendaraan di jalan depan kampus sekolah
  • Survey pelajaran favorit siswa SMKN 1 Cianjur
  • Survey hobi/ kegemaran siswa SMKN 1 Cianjur
  • Menghitung jumlah penduduk suatu RT
  • Survey kegiatan anak SMKN 1 Cianjur di luar sekolah
  • Survey tentang pacaran

Satu tema terakhir mungkin sedikit kontroversial ^_^. Sengaja tema ini saya munculkan untuk mengecek informasi bahwa katanya saat ini pacaran merupakan tren yang tidak lepas dari anak sekolah. Disamping untuk memberikan pengalaman kepada anak-anak para observer itu, bagaimana mereka melakukan survey atau observasi untuk mengambil data jika informasi yang diinginkannya termasuk ‘kontroversi’ semacam ini.

Saya memberikan kebebasan kepada masing-masing kelompok untuk memikirkan teknik atau cara-cara memperoleh data-data itu. Termasuk setelah data itu diperoleh, mereka harus bisa menentukan grafik atau diagram apa yang sesuai untuk menyajikan data yang sudah mereka kumpulkan itu.

Berhubung anak-anak mengerjakan proyek itu pada saat liburan, jadi konsultasi dan komunikasi saya buka seluas-luasnya via sms, telepon, facebook, email, atau kalau mau bertemu langsung di rumah saya ^_^.

Menurut jadwal, laporan hasil observasi ini akan dikumpulkan minggu ini, dan dipresentasikan mulai minggu depan. Tunggu reportase selanjutnya yaaa… ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s