Seni Matematika

Mei 24, 2013 at 12:04 am 5 komentar

The Flat Dodecahedron by Paul Nylander

Sudah lama saya berniat ingin menulis sebuah tema yang berkaitan dengan judul tulisan di atas. Seni yang saya maksud di sini adalah seni dalam bentuk visual. Saya tertarik akan hal itu bukan karena saya adalah ahli dalam seni ataupun matematika, hanya saja seringkali saya dapati ada karya-karya seni yang sepertinya didalamnya itu mengandung matematika. Seperti adanya keteraturan, sebuah pola rumit yang sangat serasi, dan seterusnya.

Bagi orang yang awam terhadap seni seperti saya, saya hanya bisa menyebutkan sesuatu adalah karya seni ketika saya dapati sesuatu itu terlihat atau terasa indah dipandang. Sementara bersifat matematis karena tersimpan keteraturan dan keserasian di dalamnya. Yang jadi pertanyaan saya adalah apakah para seniman yang menciptakan karya-karya itu memang membuatnya dengan perhitungan-perhitungan matematis?

Jika Anda googling kata “Math Art” di komputer Anda, maka Anda akan mendapati jutaan link yang akan membawa Anda ke situs yang membahas hal itu. Ketika saya menulis artikel ini, ada 31.900.000 hasil dalam waktu 0, 26 detik ketika saya ketikkan kata “Math Art” di search engine google. Apa yang saya temukan itu sedikit menjawab pertanyaan saya, bahwa memang ada banyak para seniman yang sepertinya mereka adalah para ilmuwan yang paham akan matematika. Atau sebaliknya ada banyak pula para ilmuwan yang memiliki kemampuan tinggi dalam seni sehingga dapat menciptakan sebuah karya seni yang juga bernilai tinggi.

Berikut ini adalah sedikit review saya terhadap situs-situs yang memuat hal-hal yang berkaitan dengan matematika dan hubungannya dengan seni.

Exhibition of Mathematical Art

Ini adalah halaman yang memuat informasi mengenai kegiatan “Pameran Umum Seni Matematika” yang telah dilaksanakan oleh komunitas masyarakat matematika Amerika (American Mathematical Society- Mathematical Assosiation of America) tahun lalu. Dalam eksibisi itu dipamerkan beberapa karya seni matematika hasil karya para seniman. Jangan kaget kalau para seniman itu adalah bergelar profesor di bidang matematika!

Dari halaman ini, Anda juga bisa mendapati link untuk melihat hasil karya para seniman tersebut. Anda juga bisa melihat galeri karya seni para seniman matematika untuk kontes tahun ini di sini.

Bagaimana, menakjubkan bukan?

Popular Art Activities for Math Class

Apa yang akan Anda dapati di situs ini tidak seserius situs di atas. Jika Anda adalah seorang guru, di sini Anda akan mendapatkan berbagai ide kreatif bagaimana membuat sebuah karya seni dalam kelas matematika Anda. Aktivitas seni yang ditunjukkan bisa diterapkan di berbagai level pendidikan mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Hmmm sepertinya saya juga harus banyak belajar di sini!

Virtual Math Museum

Merupakan galeri gambar karya seni grafis matematika. Galeri ini bertujuan ingin menunjukkan betapa indahnya objek-objek matematis itu. Dari sini, Anda juga diberi link ke situs pribadi para kreator karya-karya seni tersebut.

Tessellation

Ini adalah bagian dari situs matematika khusus anak SD yang membahas mengenai seni matematika. Dalam hal ini adalah materi “pengubinan” (tessellation) yang membahas sedikit konsep geometri.

The Mathematical Art of M.C Escher

Merupakan situs pribadi milik Maurits Cornelis Escher. Dia adalah seorang seniman grafis matematika kelahiran Belanda. Yang menonjol darinya adalah keahliannya dalam mengeksplor ide-ide matematis kedalam berbagai karya seni yang dibuatnya.

Math Art Fun

Merupakan tempat belanja online beberapa gambar visual berkonsep matematis. Walaupun sampai saat ini saya belum berminat untuk berbelanja online membeli karya seni matematika semacam itu, tapi gambar-gambar visual yang ditawarkan memang keren-keren dan pastinya sangat menarik. Siapa tahu Anda berminat!

Itulah sebagian yang bisa saya berikan sedikit review nya. Ketika meng-klik tautan di atas mungkin Anda akan terhubung juga dengan beberapa tautan lainnya yang mungkin lebih menarik. Dengan senang hati saya akan menerimanya Anda memberikan informasinya tentang hal itu.

Semoga memberikan inspirasi!

Entry filed under: Serba Serbi Matematika. Tags: .

Teka-teki Lompatan Kodok Doodle Matematika

5 Komentar Add your own

  • 1. yusami  |  Agustus 6, 2010 pukul 6:04 pm

    wah…ternyata ada sisi lain dari matematika yang menarik juga.

    Balas
  • 2. ayasofa  |  Agustus 6, 2010 pukul 7:47 pm

    Benar…
    Jadi jangan disangka kalau matematikawan itu anti terhadap seni :)!

    Balas
  • 3. zaemon  |  Februari 2, 2011 pukul 6:20 pm

    Benar2 matematika menakjubkan

    http://www.youtube.com/user/gcmednovation

    Balas
  • 4. fitri  |  April 12, 2011 pukul 8:36 pm

    matematika itu indah

    Balas
  • 5. hanari  |  Maret 3, 2014 pukul 9:36 pm

    Matematika memang keren

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Mei 2013
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most Recent Posts


Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.