Catatan Matematika Jihad

Tulisan ini hanya catatan kecil tentang temuan saya tentang matematika dan anak saya, Jihad. Jihad adalah anak kedua saya. Saat ini umurnya 7 tahun 4 bulan. Mungkin ini semacam dokumentasi saja, mumpung saya ingat dan berkesempatan menuliskan hal menarik yang saya temui dari Jihad hari ini.

Jihad Math 1

Jihad menemukan buku matematika bekas abangnya dulu waktu di kelas 2. Tanpa diminta dia mengerjakan beberapa soal terkait operasi penjumlahan, kemudian memberikannya ke ibu untuk diperiksa.

Menurut saya apa yang dikerjakannya menarik. Bukan karena dia mengerjakan dengan cepat dan benar tanpa bantuan alat hitung ataupun kotretan, tapi karena coretan yang saya temukan di soal yang dia kerjakan itu. Berikut yang saya maksud:

2

Di soal nomor 5, 8, dan 9, ada bilangan yang dia coret kemudian di atasnya dia tuliskan sebuah bilangan lain. Ketika saya tanya, jawabannya memang seperti apa yang saya duga. Saya tanya tentang soal nomor 5, “kenapa angka 43 dicoret, terus angka yang di atasnya itu apa?” Dia menerangkannya kurang lebih seperti ilustrasi berikut.

3

Soal no 5 di atas dia hitung dengan cara menjumlahkan 110 + 130 + 42. Itu menurutnya jauh lebih mudah ketimbang harus menghitung sebagaimana urutan soal di atas.

Ternyata itu adalah teknik yang dia gunakan agar dia dapat menghitung bilangan-bilangan itu dengan mudah, sebab dia tidak membuat kotretan ataupun catatan di tempat lain. Dia hanya sesekali terlihat merenung dan terdiam, kemudian selesailah soal-soal itu dia jawab.

Untuk soal nomor 9 dia melakukan hal yang sama seperti ini:

4

Cara yang sama dia lakukan untuk menjawab soal nomor 9 di atas. dia menghitungnya dengan urutan 140 + 100 + 26.

Yang lebih menarik adalah cara dia mengerjakan soal nomor 8 ini,

5

Untuk menghitung soal nomor 8 di atas, dia memodifikasi penjumlahannya menjadi: 165 + 105 + 25 dan bentuk penjumlahan itu hasilnya sama dengan soal nomor 8 di atas.

Saya belum pernah mengajarkan teknik semacam itu, dan sepertinya gurunya di sekolahpun tidak, dia temukan sendiri tekniknya sehingga menurutnya jauh lebih mudah. Saya pikir ini cara cerdas yang dia temukan sendiri dari pengamatannya.

“Kan Bang Jihad punya ide bu!” ^_^.

Seperti yang saya bilang, ini hanyalah catatan dan dokumentasi pribadi. Mungkin tidak istimewa buat yang lain. Tapi semoga menginspirasi ^_^.

*Catatan:
Jihad terkadang masih suka menulis beberapa angka terbalik, seperti angka 2 di soal nomor 5 di atas.

Advertisements

One thought on “Catatan Matematika Jihad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s