Pembuktian Teorema Phytagoras ala Presiden Amerika

Ketika masih menjabat sebagai anggota kongres di Amerika, James A. Garfield ikut menyumbangkan bukti teorema phytagoras. James selanjutnya menjadi presiden Amerika ke-20 pada 4 Maret 1881. James juga dikenal sering menghibur temannya dengan menulis menggunakan dua tangan. Satu tangan menulis Latin, satu lagi menulis Yunani. Bukti yang ditemukan James dimuat di  halaman 161 New-England Journal of Education pada 1 April 1876. Jabatan presidennya tidak lama. James meninggal karena infeksi setelah ditembak di punggung pada 2 Juli 1881. Alexander Graham Bell membuat alat untuk mendeteksi keberadaan peluru dan menemukannya berada di tulang belakang James.

Sumber: maa

Tidak Semua Pertanyaan Bisa Dijawab

Penulis baru saja menemukan video bagus membahas sebuah pertanyaan matematika yang viral di Cina.

Sebuah kapal mengangkut 26 domba dan 10 kambing. Berapakah umur kapten kapal?

Ternyata, pertanyaan ini memiliki dua tujuan.

Pertama, untuk menguji kemampuan deduktif siswa. Kedua, untuk menguji tingkat pemahaman terhadap soal.

Tujuan pertama digambarkan dari jawaban yang muncul di Weeibo, forum internet di Cina.

Berdasarkan berat rata-rata standar domba dan kambing, total berat 26 domba dan 10 goat adalah 7.700 kg. Di Cina, untuk bisa mengangkut kapal dengan berat kargo lebih dari 5.000, diwajibkan sudah memiliki izin mengemudi kapal selama 5 tahun. Umur minimal untuk izin mengemudi kapal adalah 23 tahun, sehingga umur si kapten minimal 28 tahun.

Untuk tujuan deduktif, diharapkan soal bisa dijawab layaknya Sherlock Holmes yang bisa menelusuri jawaban berdasarkan data-data yang sudah ada sebelumnya. Soal ini ditujukan untuk memperoleh respon kritis siswa.

Untuk tujuan kedua, diketahui bahwa pertanyaan sejenis sudah dimunculkan peneliti di Prancis pada 1979. Para peneliti menanyakan ini pada siswa tingkat dua dan mengharapkan jawaban “Informasi dalam soal tidak cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut” yang menunjukkan pemahaman mereka terhadap pertanyaan tersebut. Ternyata, 3/4 responden menjawab 36 tahun, hasil dari 26 + 10. Hanya sedikit siswa yang mempertanyakan validitas soal ini.